Kok Kurang Tidur Bisa Bikin Berat Badanku Naik?

Ada hubungan erat antara kurang tidur dengan berat badan yang naik drastis. Apa kamu suka banget bergadang di malem hari? Gak masalah cih kalo kamu bangunnya siang banget. Paling gak kamu bisa nyukupin kebutuhan tidur manusia dari 7 sampek 8 jam tiap hari. Tapi yang jadi masalah kalo kamu tidur malem banget, dan bangunnya pagi banget. Waduh selain bisa bikin tubuh gak sehat, kamu juga bisa ngalamin kenaikan berat badan sampek obesitas. Cari tahu yuk kenapa kok kurang tidur bisa bikin berat badan naik?

kurang tidur bisa bikin berat badan naik

Ini lho alasannya kenapa kurang tidur bisa bikin berat badan naik:

Banyak makan di pagi hari

Mereka yang kurang tidur cenderung makan lebih banyak pas pagi hari. Mungkin karena tubuh ngerasa lemas dan gak kuat. Hormon yang merangsang selera makan jadi meningkat kalo kamu kurang tidur. Jadi gak usah heran ajah kalo makanan dan minuman apapun langsung masuk ke dalam tubuh. Hal ini udah dibuktiin ama penelitian lho. Gak cuman itu porsi makan yang kamu konsumsi jadi meningkat lebih banyak. Makanan yang diasup biasanya juga gak bergizi tinggi. Bayangin ajah kalo kamu tiap pagi makan makanan berlemak, waduh bisa-bisa tubuh jadi gendut dan kamu beresiko kena penyakit berbahaya kayak diabetes, serangan jantung, stroke sampek kanker. Untuk efek jangka pendeknya, kamu bakalan lemes, pusing dan cepet lelah kalo kurang tidur.

Makan cemilan tidak terkontrol

Dampak kurang tidur yang bisa bikin kamu uring- uringan juga berimbas ama kebiasaan makan.
Biasanya mereka yang kurang tidur bawaannya pengen makan camilan terus. Kalo yang dimakan camilan sehat cih gak masalah. Tapi kalo yang kamu makan permen, cake, donut, dan kentang goreng, kamu bisa jadi gendut dalam waktu sekejab. Nafsu makan mereka yang kurang tidur lebih tinggi ketimbang mereka yang tidur 7 sampek 8 jam. Alasannya cukup simpel, kadar kadar molekul 2-AG di dalam tubuh yang memicu rasa lapar lebih tinggi ama orang yang cuman tidur kurang dari 4,5 jam.

Banyak makan junk food

Otak jadi bikin kita nglakuin tindakan yang impulsif akibat dari kurang tidur tadi. Dampaknya gak bagus buat berat badan. Sobat cinta ibu bakalan lebih milih makan makanan dengan kalori tinggi kayak junk food ama makanan yang dibuat dari tepung halus. Kayaknya buah dan sayur gak mempan lagi buat ngatasin tindakan impulsif ini. Beberapa contoh junkfood yang sering dimakan ama orang yang kurang tidur kayak pizza, donat, roti kering, roti putih, nugget, sosis, burger, dll.

Cara Yang Harus Dilakuin Ortu Buat Bikin Anak Lebih Pinter

Bikin anak pintar dan cerdas gak semudah yang kamu bayangin lo. Banyak banget orang tua yang pusing tujuh keliling buat ngasih semangat belajar ke anak. Jadinya orang tua perlu trik biar si kecil tertantang untuk selalu belajar hal-hal yang baru tanpa harus dipaksa. Pastiin ajah yang diajarin ke si kecil sesuai dengan umurnya. Si kecil jadi stres kalo baru umur lima tahun ajah, orang tua pengennya anak bisa pelajaran trigonometri. Nah yuk kenali dulu cara bikin anak lebih pinter yang bisa ortu lakuin.

cara bikin anak jadi pinter

Ini lho beberapa cara buat bikin anak pinter dan cerdas:

Jadilah orang tua yang pintar

Jangan salah persepsi dengan orang tua pintar. Kamu gak diharusin punya pendidikan yang tinggi sampek S3 buat jadi orang tua pinter. Meskipun pendidikan terakhirmu cuman SD ato SMP, kamu bisa jadi orang tua yang baik buat anak kalo selalu bisa ngatasi masalah di keluarga dan bikin komunikasi dalam keluarga harmonis. Secara gak langsung anak jadi belajar gimana cih  cara yang bener buat nyelesaikan masalah dengan ngeliat orangtuanya sebagai contoh.

Tanamkan budaya belajar di rumah

Jangan sampek kamu mikir kalo anak cuman harus belajar di sekolah. Padahal tempat utama buat dia belajar adalah di rumah. Si kecil bakalan ngeliat dan belajar dari kebiasaan orang-orang yang ada di rumah termasuk orang tuanya. Kebiasaan makan, menulis, membaca tidur, mencuci tangan dll dapat dipelajari ama si anak di rumah. Orang tua juga bisa proaktif ngajarin anak-anak nulis dan membaca. Gak ada salahnya juga buat bacain cerita buat anak pas ia mau tidur malem.

Ciptakan lingkungan kondusif

Lingkungan rumah juga harus kondusif biar si kecil bisa belajar dengan tenang. Anggota keluarga lain di rumah juga harus kooperatif dunk jangan sampek pas si kecil lagi belajar nulis ato mbaca, eh ayah dan bunda malah nonton TV, nyetel musik, nonton berita ato ngobrol heboh banget. Suasana kayak gini gak bisa ndukung proses belajar anak. Ia jadi gak bisa konsen buat belajar. Kasih dia waktu tenang dimana suasana rumah kondusif.

Makanan dan minuman yang sehat

Nach sajiin juga makanan dan minuman yang sehat buat anak. Saat masih kecil, biasain dunk buat si kecil nyantap  yang sehat-sehat ajah. Jangan terbiasa kasih dia makanan instan dan junk food kayak mie, pasta, roti putih, snack kemasan, buah kering ato fried chicken. Sajiin makanan alami yang bagus buat perkembangan otak si kecil.

Kenali Yuk Daftar Makanan dan Minuman Paling Gak Sehat

Ngelakuin gaya idup sehat emang gak mudah. Kamu harus ngelakuin banyak banget pengorbanan seperti dengan ngelupain makanan gak sehat yang selama ini dimakan hampir tiap hari. Gak tahu juga sih kenapa makanan yang sehat kok rasanya gak begitu enak. Dibandingin buah dan sayur kayaknya makan pizza, hamburger, kentang goreng dan donut lebih nyenengin. Tapi makanan ini bakalan ngasih dampak yang buruk buat tubuh. Makanya mulai sekarang ganti menu yang gak sehat pake menu organik yang bisa dicerna dan diserep ama tubuh dengan cepet. Nah apa aja sih jenis makanan dan minuman yang nggak sehat?

makanan dan minuman yang nggak sehat

Ini lho daftar makanan dan minuman gak sehat yang harus kamu hindarin:

Junk food

Hampir semua orang di dunia ini suka ya junk food. Siapa loch sekarang yang bisa nolak kelezatan junk food? Makanan ini mesti bikin ketagihan banget. Lihat ajah di sekitar kamu, banyak banget restoran cepat saji yang menu utamanya junk food kaya fried chicken, burger dan pizza. Mau gaya hidup sehat? Mending masak sendiri makanan di rumah dan gak usah pergi ke restoran cepat saji selamanya.

Nugget, sosis, dan daging kemasan

Pilih daging seger yang banyak di jual di supermarket ato di pasar tradisional ketimbang makan daging yang diolah kayak sosis, nugget, dan tempura. Kandungan kimia di dalam daging kemasan ini tinggi banget dan bisa bikin racun numpuk di dalam tubuh. Akibatnya nanti bakalan kamu rasain pas udah uzur.

Mie dan pasta

Suka banget makan mie dan pasta? Dua makanan ini mengandung zat tepung halus yang bisa bikin tubuh jadi gendut dan kadar gula naik di dalam darah. Emang cih mie dan pasta simpel banget dan bisa dimasak dengan cepet. Tinggal kasih air panas ajah, mie instan sobat cinta ibu udah jadi. Tapi resiko kena kanker ama penyakit jantung jadi meningkat kalo keseringan makan mie dan pasta.

Susu dan Kopi

Susu selalu dianggep minuman yang baik buat tubuh soalnya kandungan kalsium dan fosfornya tinggi banget. Tulang dan gigi kita bakalan kuat. Tapi kalo susu yang kamu minum kaya lemak, lama-lama kamu bisa gendut. Hindari pula minum kopi berlebihan. Emang cih rasanya kita lebih hidup kalo abis minum kopi tapi kamu bisa kena hipertensi, stroke, dan serangan jantung kalo kebanyakan minum kopi. Gigi juga jadi menguning dan kulit kusem karena kurang asupan air.

Mitos Biar Gak Hamil Yang Salah Kaprah

Ada macem-macem alasan kenapa kok cewek-cewek yang udah merid belum pengen hamil. Bisa jadi karena pengen ngejar karir dulu ataupun karena masih takut buat punya anak cepet-cepet. Apapun alasannya kamu bisa kuk bikin haid tetep lacar. Banyak cara yang bisa dipake buat menunda kehamilan. Kamu bisa pake kondom atopun mengkonsumsi pill KB pas lagi berhubungan intim sama suami. Tapi jangan terlalu percaya ama mitos cara biar gak hamil yang belum tentu bisa mencegah kehamilan sampek 100 persen.

cara biar nggak hamil yang salah

Ini lho mitos cara biar nggak hamil yang salah:

Ngeluarin Mr Happy sebelum ejakulasi

Pas lagi berhubungan intim, minta suami buat ngeluarin Mr Happy sebelum ejakulasi berlangsung. Kehamilan bisa ditunda dengan cara ini soalnya sperma gak akan membuahi sel telur. Kamu bisa ngeluarin sperma di luar supaya gak ketemu dengan sel telur. Kemungkinan berhasilnya pake cara ini antara 81 sampek 96 persen. Kalo ternyata istri kamu hamil padahal udah nglakuin cara di atas, bisa jadi suami ngalamin pre-ejakulasi dimana cairan yang dihasilin oleh suami ini mengandung sperma yang bisa membuahi sel telur.

Douching

Banyak mitos yang nyebutin kalo douching bisa mencegah kehamilan. Padahal cara ini gak terbukti sama sekali. Douching ini dilakuin dengan nyemprotin cairan buat bersihin vagina. Banyak juga yang percaya kalo douching bisa memicu infeksi jamur. Gak perlu lakukan douching kalo pingin Miss V tetep sehat dan bebas infeksi jamur. Douching ini gak efektif buat mencegah kehamilan karena sperma bisa ketemu sel telur dalam hitungan detik.

Tidak perlu orgasme

Banyak orang yang keliru dengan mikir kalo gak orgasme gak bakalan bisa hamil. Padahal orgasme ato enggak, kamu tetep bisa hamil selama sperma ketemu dengan sel telur.

Seks pas menstruasi

Emang cih berhubungan intim pas menstruasi bisa ngurangin resiko kehamilan. Tapi cara ini gak efektif juga soalnya cewek-cewek yang ngalamin menstruasi gak teratur bisa ajah jadwal ovulasiya malah deket. Kalo sel telur sampek ketemu sperma, bisa jadi kamu malah hamil. Selain itu kamu juga harus waspada dengan resiko kesehatan saat melakukan seks pas menstruasi. Kamu bisa kena endometriosis dan penyakit lainnya.

Hubungan seksual pertama kali

Kehamilan gak bisa cegah meskipun ini kali pertama kamu ngelakuin hubungan intim. Banyak lho cewek yang percaya kalo selaput dara yang masih utuh bisa bikin sperma gak bisa ketemu dengan sel telur. Padahal kenyataannya bisa jadi selaput dara yang kamu punya udah regang ataupun rusak pas kamu ngelakuin kegiatan berat kayak olahraga.

Kenapa Kok Aku Jadi Susah Buang Air Besar?

Udah berhari-hari nech gak pernah ke belakang, padahal biasanya dulu rutin banget tiap pagi selalu bisa buang air besar dengan lancar. Perut jadi gak nyaman banget. Kenapa kok kondisi aku kayak gini? Kalo kamu juga ngerasain hal yang sama, tiba-tiba susah banget buang air besar, kenali dulu penyebabnya biar kamu bisa ngambil solusi yang tepat buat ngatasin masalah kesehatan ini. Tahu gak kalo kita jarang buang air besar itu artinya kita nyimpen sampah dan racun di dalam tubuh. Bisa jadi ada masalah kesehatan serius yang bikin kita sembelit. Lihat gih ulasan di bawah ini kalo pengen tahu penyebab sembelit.

penyebab sembelit

Ini lho penyebab sembelit yang bikin kita susah buang air besar:

Sedang melakukan perjalanan

Pas lagi ngelakuin perjalanan kantor ato lagi liburan keluar kota, BAB jadi masalah yang sering banget menganggu. Kondisi ini lumrah ajah sih soalnya ada perubahan dalam pola makan dan kebiasaan makan. Biar BAB tetep lancar pas kamu lagi traveling ato liburan, cukupi kebutuhan serat dengan makan sayur dan buah-buahan.

Stres

Kalo sampek stres, dampaknya ke tubuh besar banget. Kulit jadi kerasa kusem, stamina menurun, bahkan kamu juga jadi jarang buang air besar. Stress punya pengaruh cukup kuat di dalam usus yang bisa bikin kesehatan sistem saraf enterik jadi menurun. Akibatnya proses pencernaan makanan ini dalam usus berlangsung lambat dan bikin kita susah BAB.

Berhenti berolahraga

Olahraga punya kaitan erat ama BAB. Kalo biasanya kamu rajin olahraga, BAB jadi lebih lancar. Tapi kamu bakalan ngerasain BAB jadi susah ketika udah gak nglakuin olahraga dengan rutin lagi. Banyak lo jenis olahraga yang bisa bikin sistem pencernaan dan metabolisme berjalan lancar kayak lari pagi, senam, aerobik sampek jalan-jalan santai ajah. Luangin waktu 20-30 menit buat olahraga sehat.

Hamil

BAB bisa jadi kabar baik buat cewek-cewek yang udah merid. Bisa jadi kamu lagi hamil. Makanya kamu ngalamin BAB. Perubahan hormon pada ibu hamil bikin kinerja usus yang biasanya cepet jadi lambat. Akibatnya ibu hamil sering banget ngalamin BAB. Buat ngatasin masalah BAB ini, jangan sampek kamu minum obat-obatan anti sembelit yang gak jelas karena bisa mengganggu kesehatan janin di dalam kandungan. Mending perbanyak ajah makan buah, sayur, dan minum air putih yang cukup biar sampah di dalam perut bisa dibuang dari dalam tubuh secepetnya.

Bahan Alami Yang Bisa Ngatasin Gusi Berdarah

Kesehatan gigi kalo gak dijaga bisa bikin kamu uring-uringan terus. Ada yang bilang kalo lebih baik sakit gigi daripada sakit hati. Tapi pas lagi dikasih sakit gigi, banyak orang ngeluh terus dan gak tahan dengan rasa sakitnya apalagi kalo gusi sampek berdarah. Masalah kesehatan yang selalu berhubungan dengan kesehatan gigi gak cuman gusi berdarah ajah, bisa jadi karena gigi berlubang, bau mulut dan tumbuhnya karang gigi. Kalo pas lagi gosok gigi kamu ngedapetin gusi berdarah, segera gih obatin dengan bahan alami untuk mengatasi gusi berdarah.

bahan alami untuk mengatasi gusi berdarah

Ini lho bahan alami untuk mengatasi gusi berdarah:

Minyak cengkeh

Punya persediaan minyak cengkeh gak di rumah? Minyak yang satu ini bagus banget buat menghentikan pendarahan di gusi.  Ambil kapas ato cotton bud. Celupin dech ke minyak cengkeh dikit ajah. Tempelin ke bagian gigi yang berdarah tadi biar mampet.

Lidah buaya

Bahan alami yang udah lama dikenal dengan 1001 manfaatnya buat kesehatan dan kecantikan ya lidah buaya. Sudah sejak zaman dulu lo tanaman ini dipake buat pengobatan penyakit baik yang ringan atopun yang serius. Kalo kamu ngalamin gusi berdarah, pake ajah lidah buaya. Ambil sepotong lidah buaya dan olesin gel lidah buaya ke gusi yang berdarah secara merata selama 2-3 menit ajah. Abis itu bilas gusi pake air sampek bersih. Kamu bisa ngurangin peradangan di gusi pake lidah buaya.

Membersihkan gigi

Kenali juga nech penyebabnya kenapa kok sampek gigi dan gusi jadi berdarah-darah. Biasanya cih karena kondisi gigi lagi gak bagus ajah. Kuman, bakteri dan sisa makanan yang ngendap ama nempel di gigi bisa bikin gusi berdarah dan nyeri banget. Cara ngatasinnya biar gusi gak berdarah lagi ya sobat cinta ibu harus bersihin gigi dengan rutin. Jangan cuman sikat gigi ajah ato cuman pake obat kumur ajah. Pake juga dental floss buat ngejangkau sisa-sisa makanan yang susah dibersihin pake sikat gigi. Jangan lupa kunjungin dokter gigi kalo pengen bersihin karang gigi.

Mengonsumsi buah dan sayur segar

Buah dan sayur segar bisa bikin gigi lebih kuat dan sehat. Jangan lupain makan apel paling gak satu 1 kali sehari. Ada vitamin dan mineral di dalam buah dan sayur yang melimpah dan bisa jagain kesehatan gigi.

Berkumur air garam

Kalo gusi berdarah ini disertain ama nyeri, kamu bisa kumur pake air garem anget tiap pagi buat ngusir bakteri dan mampetin darah yang keluar dari gusi.

Makan Lebih Banyak Kacang-Kacangan Biar Lebih Sehat

Biasanya sich cewek kalo liat kacang, bawaannya pengen marah-marah. Soalnya camilan yang satu ini disebut-sebut bisa bikin masalah di kulit mulai jerawat, komedo sampek kulit merah-merah. Kalo kamu alergi kacang, mungkin ada benernya juga. Tapi kalo kamu selama ini gak ada riwayat alergi makan kacang, gak perlu takut jerawat bakalan muncul. Justru kacang-kacangan bisa bikin tubuh dan kulit lebih sehat karena rendah kalori, kaya akan asam lemak omega 3 dan vitamin E. Ada juga mineral dan vitamin yang bisa bantu jagain kesehatan tubuh dengan makan kacang polong secara rutin. Makanya kita harus tuh kenal dulu ama manfaat makan kacang-kacangan buat kesehatan kita.

manfaat makan kacang-kacangan untuk kesehatan

Ini lho manfaat makan kacang-kacangan untuk kesehatan:

Sumber protein

Kalo kamu mau ngejalanin kehidupan vegetarian dengan gak makan daging, kacang-kacang gak boleh dilupain. Sumber protein ini bagus banget buat jaga kesehatan tubuh. Dampak kekurangan protein buat tubuh bahaya banget. Kamu bisa ngalamin kulit bersisik, kuku gampang rapuh, rambut rontok berat dan kesehatan jadi menurun. Makan aja kacang ijo, kacang merah dan kacang polong buat nyukupin kebutuhan protein tubuh.

Sumber kalsium

Kalo tubuh kekurangan kalsium apa jadinya ya? Pasti kamu bakalan cepet kena osteoporosis terutama cewek-cewek. Soalnya cewek lebih rentan banget kena osteoporosis ketimbang para cowok.  Tapi banyak yang males minum susu ataupun alergi dengan susu. Buat nyukupin kebutuhan kalsium, kamu gak harus selalu ngandelin susu. Makan ajah kacang ijo dan kacang kedelai yang punya kandungan kalsium melimpah. Tulang, gigi dan otot pun jadi semakin kuat.

Sumber kalium

Jantung jadi lebih sehat kalo kebutuhan kalium terpenuhi.  Kamu bisa nurunin resiko kena stroke sampek 20 persen kalo rajin makan kacang. Banyak juga orang makan kacang soalnya mereka gak mau kadar kolesterol jahat di dalam tubuh jadi meningkat. Tahu sendiri kan kalo kolesterol meningkat, kamu semakin beresiko kena gagal jantung sampek stroke.

Sumber vitamin B

Vitamin B gak cuman bagus buat ngatasin masalah kulit ajah. Sel-sel otak juga semakin sehat dan bisa berfungsi dengan baik kalo rajin makan kacang. Kulit jadi terasa lebih alus dan otak tambah encer. Pas sobat cinta ibu lagi kerja di kantor dan ngerasa laper, kacang-kacang yang kamu siapin di toples bisa dimakan secara rutin.

Sumber zat anti-oksidan

Cegah kanker yuk dengan asupan antioksidan yang cukup. Kamu bisa makan kacang-kacangan buat ngalangin radikal bebas penyebab kanker masuk ke dalam tubuh kita.

Makanan Ini Lho Yang Baik Buat Kesehatan Paru-Paru

Sering banget ngerasain batuk-batuk dan sesak nafas? Bisa jadi ada masalah lho sama kesehatan paru-parumu. Paru-paru dianggap sebagai salah satu organ tubuh yang penting. Kalo paru-paru sampek rusak, sistem pernafasan kita bakalan terganggu. Gak mau kan pake selang kalo mau bernafas? Jadinya kamu harus jaga kesehatan paru-paru dengan gak ngehirup asap rokok dan udara kotor di lingkungan sekitar kita. Kalo kamu pergi ke kantor ato jalan-jalan pake sepeda motor, jangan lupain masker bisa yang masuk ke sistem pernafasan kita bukan udara yang kotor, tapi udara yang bersih. Kasian kan paru-parumu kalo harus selalu nyaring udara kotor. Racun bisa numpuk di paru-paru dan bikin peradangan. Selain itu kamu juga bisa makan makanan untuk kesehatan paru-paru berikut ini.

makanan untuk menjaga kesehatan paru-paru

Ini lho makanan untuk menjaga kesehatan paru-paru:

Makanan yang kaya vitamin C

Vitamin C baik juga lho buat kesehatan paru-paru. Selain bisa ningkatin sistem kekebalan tubuh, vitamin C bisa dianggap sebagai pelindung paru-paru dari peradangan dan kerusakan akibat radikal bebas. Kekebalan di paru-paru jadi lebih meningkat lagi karena bisa nambah sel darah putih di dalam tubuh. Cowok disarankan buat ngasup vitamin C 90 mg tiap hari, kalo cewek cukup 75 mg ajah tiap hari. Jangan makan jeruk melulu. Banyak sumber vitamin C lain yang gak bikin kamu bosen kayak kembang kol, paprika manis, stroberi, kiwi, kangkung, pepaya, brokoli, melon dan lemon.

Makanan yang kaya vitamin E

Fungsi paru-paru bakalan tetep baik kalo rajin menuhin kebutuhan vitamin E buat tubuh. Banyak orang mikir kalo vitamin E cuman penting buat kecantikan kayak bikin rambut, kulit dan kuku tetep cantik dan bercahaya. Padahal kalo sobat cinta ibu sampek kekurangan vitamin E, paru-paru bisa rentan kena penyakit. Ada penelitian yang nyebutin kalo orang yang suka ngasup vitamin E punya resiko lebih kecil ngalamin penyakit kronis obstruktif paru ketimbang yang jarang ngasup vitamin E. Ketimbang beli suplemen vitamin E, cari yang alami. Makan gih minyak jagung, sayuran hijau, minyak safffower, telur, kacang kedelai, susu kedelai, tempe, tahu, miso, dll.

Makanan yang mengandung flavonoid dan karotenoid

Pernah denger gak istilah karotenoid dan flavonoid? Kalo orang awam pasti bingung apa sih itu? Keduanya termasuk jenis antioksidan yang baik buat jagain kesehatan paru-paru. Kamu bisa ngedapetin karotenoid di dalam sayuran hijau, wortel, tomat, labu dan ibu jalar. Kalo pengen ngasup flavonoid, konsumsi ajah buar cherry, blueberry, minyak zaitun, dan apel.

Siapin Camilan Sehat Ini Di Meja Kerja Biar Otak Cemerlang

Meja kerja gak cuman penuh ama komputer, files dan berkas-berkas ajah tapi juga penuh ama camilan. Banyak lho pekerja kantoran yang ngisi meja kerja mereka dengan macem-macem camilan biar gak laper  dan pusing pas kerja. Tapi kalo camilan gak sehat yang dipilih, kamu bisa bikin kesehatan memburuk dan berat badan jadi nambah. Ukuran pinggang yang tadinya kecil, jadi melar lama-lama. Waduh ngeri banget kalo sampek baju yang ada di lemari pada gak cukup semua. Biar kamu tetep bisa makan camilan sehat tanpa takut berat badan nambah, mending isi meja kerja dengan camilan berikut.

camilan sehat

Ini lho camilan sehat yang perlu ada di meja kerja biar otak tetep cemerlang:

Kraker Gandum

Perut keroncongan banget tapi belum jam makan siang. Selalu siapin ajah kraker gandum yang bagus buat nambah tenaga. Kraker ini banyak dijual di supermarket. Mending pilih yang tawar soalnya kandungan gulanya dikit beut. Kamu bakalan lebih semangat lagi buat ngerjain tugas-tugas di kantor  kalo perut gak kelaperan terus.

Buah-Buahan Potong

Pilih snack yang sehat dan gak bikin kamu gendut serta kaya buah-buahan. Potong buah-buah dan makan pake garpu. Wah elit banget cara makannya.  Kalo gak kamu siapin dulu buah-buahan potong ini di  rumah dan masukin gih ke dalam lunchbox. Kreasiin ajah buah-buahan potong tadi bisa kamu ngerasa seneng pas memakannya di kantor. Buah ini kaya serat yang bisa buang lemak dari dalam tubuh, bikin pikiran lebih seger dan ngebantu detoks di dalam tubuh.

Sekantong Kacang Atau Biji-Bijian Sehat

Jangan lupain asam lemak omega 3 dan protein biar otak kita tetep cemerlang pas ngerjain tugas yang susah bangeeeeet.  Sobat cinta ibu bisa bawa sekantung biji-bijian sehat dan kacang-kacangan yang bagus buat mencukupi gizi kita.

Salad Sayuran

Untuk bekal makan siang di kantor, kamu bisa makan salad sayuran kayak wortel, kentang, dan selada. Kasih sedikit mayones biar rasa salad di dalam sayuran lebih enak. Sayuran sama kayak buah-buahan kaya akan serat yang bisa bikin pencernaan jadi lebih lancar.

Air Putih

Biasanya pekerja kantoran selalu duduk seharian di kantor. Kondisi kayak gini bisa bikin kamu ngalamin dehidrasi berat. Jadi jangan pernah lupa nyiapin sebotol air putih. Tubuh bakalan kerasa lebih lembab dan nyaman kalo gak kekurangan air. Minum air paling gak 8 sampek 9 gelas tiap hari biar kamu gak lelah setelah seharian duduk terus di kantor mandengin komputer.

Cara Nurunin Berat Badan Yang Unik

Nurunin berat badan emang gampang-gampang susah. Banyak orang ngerasa kesiksa banget seperti kayak masuk neraka dech. Abis makan ini gak boleh, makan itu gak boleh. Harus nahan laper seharian tapi berat badan gak turun-turun juga. Bahkan ada juga yang udah ke tempat fitness tiap hari gak ada hasil. Lemak yang numpuk di dalam tubuh gak pergi-pergi. Kondisi kayak gini gak cuman dihadapi ama kamu. Banyak kok cewek dan cowok yang berjuang sekuat tenaga buat bikin berat badan turun. Tapi jangan sampek  mengandalkan cara-cara yang gak sehat seperti dengan minum obat pelangsing. Ada efek samping di kemudian hari yang bisa bikin tubuh sakit. Makanya pake cara yang natural aja, seperti cara unik menurunkan berat badan berikut ini.

cara unik menurunkan berat badan

Kalo kamu pengen kurus tanpa harus diet dan olahraga, pake ajah cara unik buat nurunin berat badan berikut ini:

Bersih-bersih

Kegiatan yang efektif buat bakar lemak di dalam tubuh ya bersih-bersih rumah. Selain bikin lingkungan rumah jadi lebih nyaman, badan bakalan kerasa lebih enteng. Bersih-bersih rumah hampir sama kayak olahraga karena bisa bakar kalori lebih banyak. Ada penelitian yang nyebutin kalo mereka yang rajin bersih-bersih rumah, makan lebih sedikit ketimbang yang gak suka bersih-bersih rumah.  Kalo kamu ngerasa laper, makan ajah camilan sehat kayak buah dan kacang-kacangan.

Melihat ke kaca

Percaya gak sih kalo ngeliat tubuh kita di kaca tiap hari bisa bikin kurus? Kok bisa ya? Cara ini tergolong efektif soalnya kamu bakalan punya kesadaran lebih buat ngurusin berat badan biar keliatan lebih ideal dan menarik. Jadinya kamu lebih tertarik buat nglakuin diet ketat dan ngurangin camilan gak sehat. Kamu lebih perhatian ke bentuk tubuh yang dimilikin.

Menata lemari es

Punya lemari es kan di rumah? kalo ada cek lagi makanan dan minuman apa ajah yang ada di dalam lemari es? Mending kamu singkirin makanan dan minuman yang gak sehat. Simpen lebih banyak makanan yang kaya serat, vitamin dan mineral yang bisa bikin tubuh lebih sehat. Kalo isi kulkas penuh dengan makanan sehat, mau gak mau kamu bakalan makan apa yang ada di kulkas.

Bayar dengan uang tunai

Ternyata ada hubungan antara bayar makanan pake uang tunai ama pake kartu kredit. Kalo sobat cinta ibu bayar pake uang tunai, kamu cenderung milih makanan yang sehat. Mereka yang bayar pake kartu kredit lebih suka jajan makanan yang gak sehat.